Kebaya memang menjadi salah satu pakaian tradisional Indonesia untuk kaum Hawa. Kebaya populer di daerah-daerah seperti di Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur dan Pulau Bali. Modelnya yang anggun membuat penampilan para wanita semakin cantik dan menawan. Saat inipun model baju kebaya modern juga bisa kita temui dengan mudah di fashion outlet maupun situs online shopping Indonesia yang jual aneka busana. Namun seringkali memakai kebaya jadi masalah bagi wanita yang bertubuh kurus karena seperti yang kita tahu, rata-rata baju kebaya agak panjang.

Tenang saja, Anda masih bisa menyiasati pemakaian baju kebaya untuk penampilan yang ideal dan sempurna. Berikut tipsnya:

  1. Hindari kebaya yang off-shoulder. Bagi wanita yang bertubuh terlalu kurus, seringkali lekukan yang ada pada bagian batas leher dengan pundak terlihat jelas sehingga jika memakai kebaya yang terbuka bagian pundaknya (off shoulder) makatentusajalekukan/cekungan itu akan terlihat jelas. Begitu juga dengan kebaya dengan kerah V atau kebaya kutu baru. Tutupi kekurangan Anda tersebut dengan kebaya yang bagian kerahnya agak tertutup misalkan kebaya dengan kerah Shanghai atau stand collar.
  2. Kebaya yang terlalu longgar dan panjang juga harus dihindari. Bukan berarti karena Anda kurus, maka pemakaian kebaya yang longgar atau terlalu panjang akan membuat penampilan Anda lebih gemuk. Ini adalah cara yang keliru. Justru kebaya yang terlalu longgar atau terlalu panjang akan membuat Anda nampak ‘tenggelam’. Namun kebaya yang terlalu ketat juga tidak bagus, pakai kebaya satu ukuran lebih besar dan pilih yang lengannya agak menjuntai.
  3. Bermotif besar atau payet rapat. Sama halnya seperti baju wanita pada umumnya yang bermotif, baju kebaya wanita modern / masa kini dengan motif besarakan memberikan ilusi optik tubuh Anda jadi lebih berisi karena motif besar akan menyamarkan bentuk tubuh Anda. Namun jika Anda kurang suka dengan kebaya bermotif besar, gunakan kebaya dari bahan brokat yang payetnya rapat dan padat dan pilih yang warnanya cerah. 
  4. Pakai obi atau selendang, Obi atau stagen adalah sejenis ikat pinggang lebar yang bisa dipakai para wanita sebagai dalaman yang menutupi bagian perut dan pinggang. Sebenarnya fungsinya sama seperti korset, yakni memberikan kesan lebih langsing. Namun bagi yang bertubuh kurus, obi dapat dipakai di luar sehingga malah akan memberikan kesan tubuh lebih berisi karena akan menambah lingkar pinggang hingga 1-2 cm. Gunakan obi dengan motif yang agak ramai, bila perlu tambahkan aksen pita besar sebagai pelengkap. Selain obi, Anda juga bisa memakaikan selendang di bagian pinggang atau scarf yang berwarna serasi.
  5. Kebaya warna cerah. Bukan berarti wanita yang bertubuh kurus tidak boleh memakai baju kebaya dengan warna yang gelap. Namun sebaiknya perlu dihindari, lebih baik justru gunakan baju-baju kebaya yang berwarna cerah dan agak mencolok. Jika Anda kurang suka dengan warna cerah yang terlalu feminin, bisa disiasati dengan penggunaan warna biru muda atau coklat muda.
  6. Model tumpuk atau asimetris. Jangan salah, model baju kebaya modern yang ada saat ini bukan hanya model yang itu-itu saja. Jika Anda suka mengeksplor model baju wanita, maka pasti Anda akan menemukan ragam model kebaya modern dengan desain yang tidak biasa dan lebih kekinian seperti misalnya kebaya model tumpuk atau model asimetris. Nah model kebaya seperti inilah yang cocok untuk Anda yang bertubuh kurus karena memberi kesan tubuh jadi lebih berisi.
twitterrss  Facebooktwittergoogle_pluspinterest