Tasbih merupakan salah satu benda yang digunakan sebagai media atau alat bantu hitung ketika memanjatkan doa. Benda ini terbentuk dari rangkaian batu atau kayu yang digabung menggunakan tali menjadi satu benda melingkar yang dipakai sebagai penandah itungan bacaan takbir dan doa lainnya. Benda ini membantu mempermudah jumlah hitungan doa yang dipanjatkan sehari-hari sebagai rangkaian ibadah. Benda ini banyak dijual di berbagai tempat kebutuhan ibadah dalam beragam bentuk dan model yang berbeda-beda. Anda bisa menyesuaikan desain ataupun model yang diinginkan sesuai kebutuhan dan kenyamanan penggunaannya.

Biasanya, jenis batu yang dipakai untuk membuat benda ini sangat beragam. Diantaranya yaitu batu akik putih, giok hitam dan masih banyak lagi varian batu lainnya. Warna baru yang ditawarkan pun beraneka macam, unik dan menarik jika diperhatikan dengan seksama. Mulai dari coklat, biru, hijau dan lainnya tersedia lengkap. Bahkan terkadang warna batu yang dipakai tidak selalu seragam dan benar-benar serupa sehingga memberi kesan yang elegan. Selain batu, ada juga beberapa jenis kayu yang dipakai sebagai bahan pembuatannya, contohnya adalah kayu cendana. Kayu memberi kesan alami pada benda yang digunakan. Terlepas dari bahan material pembuatannya, berikut ini beberapa pilihan model dan desain yang banyak dipergunakan, antara lain:

  1. Kalung.
    Susunan batu atau kayu yang digunakan sebagai alat bantu hitungan doa dapat dirangkai menjadi kalung yang menarik desainnya. Biasanya jumlah potongan batu atau kayu yang disatukan menjadi kalung berjumlah 99 biji, tergantung dari bentuk dan ukurannya. Karena ukurannya berupa kalung, benda ini cocok dipakai di rumah. Di samping itu, kalung juga dapat digunakan untuk menghitung jumlah bacaan dengan mudah karena biji yang cukup banyak jumlahnya.
  2. Gelang.
    Selain berupa kalung, tasbih juga tersedia dalam bentuk gelang. Tentu saja, ukuran gelang yang lingkarnya lebih kecil membuat jumlah biji yang digunakan tidak sebanyak pemakaian pada kalung yang berjumlah 99. Biasanya jumlah biji batu atau kayu dalam satu gelang berjumlah 33 biji dan ditandai dengan satu buah batu atau kayu yang bentuknya berbeda. Ukuran biji pada gelang bervariasi, namun ada pula yang serupa dengan kalung dan sepaket dijualnya. Karena mudah dibawa ke mana-mana, maka benda dalam bentuk gelang bisa dipakai ketika berpergian sesuai kebutuhan.
  3. Digital.
    Tak hanya dalam bentuk kalung dan gelang, saat ini menghitung jumlah bacaan takbir dan doa lainnya juga bisa dilakukan menggunakan alat digital. Pemakaian alat digital terasa sangat membantu, mudah digunakan dan praktis bagi siapa saja. Alat ini memiliki bentuk yang mirip dengan jam tangan digital, namun berukuran kecil, dipakai di bagian jari tangan dan menampilkan jumlah hitungan bacaan ketika dipergunakan. Alat ini juga tersedia dalam berbagai macam pilihan warna. Kisaran harga yang terjangkau membuat alat digital ini laris manis dan banyak dijual di pasaran.

tasbih

Itulah berbagai macam model dan desain tasbih yang banyak ditemukan dan ditawarkan oleh berbagai toko alat kebutuhan ibadah. Anda bisa memilih salah satu atau semua jenis benda yang tersedia untuk membantu menghitung jumlah bacaan doa yang dipanjatkan. Masing-masing dijual dengan harga yang bervariasi, namun tetap terjangkau dan tidak menguras biaya yang besar. Dengan memilih dan membeli salah satu atau beberapa benda yang tersedia, maka media alat bantu hitung doa yang Anda punya dapat dimanfaatkan untuk memaksimalkan ibadah di rumah ataupun ketika berpergian.

twitterrss  Facebooktwittergoogle_pluspinterest