Belajar membuat tulisan kaligrafi ayat kursi perlu dilakukan untuk menghasilkan karya tulis yang indah. Anda perlu menerapkan metode dan cara yang tepat untuk menghasilkan kaligrafi yang desainnya menarik dan terlihat berkesan. Meskipun tidak mudah, hasil yang memuaskan tentu bisa didapat bila Anda rutin mempelajari dan mempraktekkan cara membuat kaligrafi yang baik dan benar. Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda praktekkan untuk membuat kaligrafi bertuliskan ayat kursi yang indah, antara lain:

  1. Buat garis sketsa.
    Membuat sketsa tulisan ayat kursi perlu dilakukan sebagai tahap awal untuk membuat kaligrafi yang indah. Dalam membuat sketsa, Anda perlu menggunakan alat tulis yang tepat supaya garis-garis sketsa semakin mudah dibuat. Sketsa tersebut nantinya dijadikan sebagai pedoman dan patokan dalam mengeksekusi pembuatan kaligrafi yang Anda inginkan. Selain dilakukan untuk mempermudah proses pembuatan kaligrafi yang indah, hal ini juga dilakukan untuk mencegah kesalahan penulisan ayat kursi yang ingin dihasilkan.
  2. Pegang alat tulis dengan nyaman.
    Selain membuat garis sketsa, memposisikan alat tulis dalam posisi yang tepat juga harus dilakukan saat membuat kaligrafi yang indah. Hal ini dilakukan untuk memperoleh hasil tulisan kaligrafi yang sempurna. Posisi tangan dan alat tulis harus ditempatkan pada posisi yang paling nyaman agar bentuk tulisan yang dibuat terlihat kian sempurna. Meskipun tidak mudah, penempatan posisi alat tulis yang nyaman akan sangat berpengaruh terhadap hasil kaligrafi yang Anda buat.
  3. Gunakan alat tulis dengan penekanan berdasarkan urutan gerakan yang benar.
    Dalam membuat kaligrafi ayat kursi,Anda harus mengendalikan ketebalan garis, panjang dan lebar tulisan kaligrafi dengan baik untuk menciptakan komposisi tulisan yang enak dilihat. Dalam hal ini, Anda harus memberi tekanan untuk mengendalikan lebar garis demi mempertahankan ukuran tulisan yang stabil dan tepat. Selain itu, buatlah garis tulisan kaligrafi berdasarkan urutan gerakannya dengan benar. Jadi, tulisan kaligrafi yang dihasilkan terlihat pas dan seimbang.
  4. Pilih kertas yang tebal dan alat tulis yang berkualitas.
    Membuat kaligrafi yang hasilnya memuaskan bisa dilakukan dengan memilih kertas terbaik yang teksturnya tebal. Selain itu, alat tulis yang dipakai juga harus memiliki kualitas yang maksimal dalam menghasilkan seni kaligrafi yang mempesona. Hal ini dilakukan supaya tulisan semakin terlihat timbul dan menarik untuk dilihat. Itulah sebabnya hasil karya kaligrafi yang indah dipengaruhi juga oleh alat tulis dan kualitas kertas yang digunakan. Artinya, Anda harus memilih alat-alat tulis dan kertas yang tepat untuk bisa membuat hasil karya kaligrafi yang sempurna.
  5. Rajin berlatih untuk memantapkan tulisan.
    Selain melakukan beberapa cara di atas, rutin berlatih juga menjadi salah satu kunci yang paling dibutuhkan untuk menghasilkan karya kaligrafi yang indah dan menakjubkan. Anda harus rajin berlatih dan memantapkan karakter tulisan kaligrafi yang dihasilkan untuk memperoleh hasil yang memuaskan. Bila perlu, Anda bisa mempelajari karakter tulisan kaligrafi dari berbagai sumber sebagai referensi untuk meningkatkan keahlian.

screencapture-bukalapak-trending-pajangan-kaligrafi-1476762205674

Dengan mengikuti semua cara membuat kaligrafi ayat kursi di atas, maka kaligrafi yang Anda buat akan terlihat indah dan sempurna. Kaligrafi tersebut dapat Anda manfaatkan sebagai tambahan koleksi seni di rumah atau dijadikan sebagai hiasan yang menunjang konsep interior ruangan. Dengan membingkai hasil karya kaligrafi yang Anda buat semenarik mungkin, tentu saja karya tersebut dapat dimanfaatkan untuk memperindah ruangan di rumah atau bernilai jual tinggi jika dikelola dengan maksimal (Bukalapak trending).

twitterrss  Facebooktwittergoogle_pluspinterest